MEMAKNAI HARI PENDIDIKAN NASIONAL DAN NASIONALISME MASYARAKAT INDONESIA

Nasionalisme adalah ideologi atau doktrin yang menekankan pentingnya identitas nasional, kebangsaan, dan kesatuan suatu bangsa. Ini melibatkan rasa cinta, kesetiaan, dan dedikasi terhadap bangsa dan negara, serta keinginan untuk memajukan kepentingan kolektif bangsa insonesia. Lalu Hari Pendidikan Nasional adalah hari yang diperingati untuk menghargai dan memperingati pentingnya pendidikan dalam pembangunan bangsa. 

Di Indonesia, Hari Pendidikan Nasional jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini dimaksudkan untuk mengingatkan seluruh masyarakat akan peran penting pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa serta sebagai momentum untuk mengevaluasi dan meningkatkan sistem pendidikan.

Berikut beberapa informasi tambahan terkait Hari Pendidikan Nasional:

Sejarah: Hari Pendidikan Nasional diperingati untuk menghormati lahirnya Ki Hajar Dewantara pada tanggal 2 Mei 1889. Ki Hajar Dewantara, yang juga dikenal sebagai pendiri pendidikan modern di Indonesia, memiliki kontribusi besar dalam mengembangkan sistem pendidikan di Indonesia.

Makna : Peringatan Hari Pendidikan Nasional memuat makna pentingnya pendidikan sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memajukan bangsa. Ini menjadi waktu untuk merenungkan pencapaian, tantangan, dan arah pendidikan di Indonesia.

Peringatan dan Kegiatan: Hari Pendidikan Nasional diperingati dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, seminar, lokakarya, diskusi, serta kegiatan-kegiatan lain yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan dan merayakan prestasi dalam bidang pendidikan. 

Tantangan dalam Pendidikan : Peringatan Hari Pendidikan Nasional juga menjadi momen untuk mengidentifikasi dan mengatasi tantangan yang dihadapi dalam sistem pendidikan, seperti akses terhadap pendidikan yang merata, mutu pendidikan yang perlu ditingkatkan, serta peningkatan kualitas tenaga pendidik.

Peran Masyarakat : Hari Pendidikan Nasional juga mengajak seluruh masyarakat untuk terlibat secara aktif dalam upaya meningkatkan pendidikan, baik melalui dukungan moral, partisipasi dalam kegiatan pendidikan, maupun dukungan materil.

Dapat disimpulkan bahwa Peringatan Hari Pendidikan Nasional dapat memberikan kesempatan bagi semua pihak untuk merenungkan dan berkomitmen untuk terus memperbaiki dan meningkatkan sistem pendidikan demi masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara demi mewujudkan rasa nasionalisme.


Penulis :

Melsa Rayan Sari
Duta Damai BNPT RI Regional Aceh