PENTINGNYA HARI KEBANGKITAN NASIONAL BAGI BANGSA INDONESIA

Hari Kebangkitan Nasional atau Indonesian National Awakening Day (HARKITNAS) diperingati pada tanggal 20 Mei, momen ini merupakan momen yang penting bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Setiap tahun, kita memperingati hari bersejarah ini dengan semangat kebangkitan yang menggetarkan jiwa. Arti lain dari hari kebangkitan nasional ialah hari yang diperingati untuk mengenang dan merayakan semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan. 

Momentum ini mengingatkan kita akan pentingnya semangat persatuan, perjuangan, dan kemerdekaan bagi kemajuan bangsa. Peristiwa penting seperti Sumpah Pemuda pada tahun 1928 sering kali dihubungkan dengan perayaan ini karena menjadi landasan semangat persatuan dan kebangsaan Indonesia. 

Hari Kebangkitan Nasional bukan hanya sekadar perayaan sejarah, tetapi juga kesempatan untuk mengingat kembali nilai-nilai perjuangan yang menjadi landasan bangsa Indonesia. Berikut beberapa informasi tambahan terkait Hari Kebangkitan Nasional:

Asal Usul : Hari Kebangkitan Nasional pertama kali diperingati pada tahun 1912 oleh seorang tokoh nasionalis, Suryopranoto, untuk memperingati semangat perlawanan rakyat terhadap kebijakan politik yang tidak adil dari pemerintah Hindia Belanda.

Sumpah Pemuda : Salah satu peristiwa penting yang sering dikaitkan dengan Hari Kebangkitan Nasional adalah Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda merupakan titik tolak penting dalam gerakan nasionalisme Indonesia, di mana pemuda dari berbagai suku, agama, dan latar belakang etnis bersumpah untuk bersatu demi satu bangsa, satu bahasa, dan satu tanah air.

Makna dan Nilai : Hari Kebangkitan Nasional menjadi momen refleksi untuk mengenang semangat perjuangan para pahlawan dan pejuang kemerdekaan yang telah berkorban demi kemerdekaan Indonesia. Ini juga menjadi panggilan bagi generasi muda untuk menjaga, menghargai, dan meneruskan perjuangan tersebut dalam membangun bangsa yang lebih baik.

Peringatan dan Kegiatan : Setiap tahun, Hari Kebangkitan Nasional diperingati dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, seminar, diskusi, lomba-lomba yang bertema sejarah atau nasionalisme, serta kegiatan sosial atau kebudayaan lainnya.

Pentingnya Pendidikan Sejarah : Peringatan Hari Kebangkitan Nasional juga menekankan pentingnya pendidikan sejarah dalam memahami dan menghargai perjuangan bangsa. Dengan mempelajari sejarah perjuangan kemerdekaan, generasi muda diharapkan dapat mengambil inspirasi dan belajar dari pengalaman masa lalu untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia. 

Semoga informasi ini dapat menambah pemahamanmu tentang Hari Kebangkitan Nasional ya!



Penulis :

Melsa rayan sari
Duta Damai BNPT RI Regional Aceh