DUTA DAMAI ACEH SAWEU GAMPONG MENUJU INDONESIA HARMONI

Pemuda gampong sebagai pondasi utama dalam menjaga kerukunan mempunyai peranan penting dalam menjaga keutuhan dan memelihara keamanan ketertiban gampong. Para pemuda ini di harapkan bisa ikut berpartisipasi dalam mencegah potensi gangguan keamanan yang dapat muncul kapan pun.  Pencegahan tersebut dapat dilakukan dari lingkungan terkecil dengan membangun kesadaran bersama sehingga dapat meminimalisir dampak yang akan terjadi. 

Badan Nasional Penanggulan Terorisme melalui duta damai BNPT RI Regional Aceh sebagai mitra strategis yang terdiri beberapa anak muda mempunyai visi yang sama dalam menciptakan gampong yang toleran dan mampu mencegah masuknya ideologi radikalisme, ekstremisme, dan terorisme.

Sebagai salah satu upaya memperkuat spirit kebhinekaan dengan bertoleransi. Duta Damai Regional Aceh membentuk program Duta Damai saweu Gampong berkerjasama dengan pemuda gampong untuk membangun gagasan dari gampong menuju Indonesia Harmoni sehingga memiliki tanggung jawab besar mengawal damai ditingkat terkecil yakni desa.

Tujuan program tersebut untuk menebarkan nilai-nilai perdamaian lewat gampong-gampong di Aceh. Dengan gagasan tersebut melahirkan sebuah tindakan dalam menjaga kerukunan desa karena kerukunan juga dapat menjadi pilar utama dalam mencapai perdamaian. Ketika ada kerukunan, tercipta harmoni antarwarga, konflik dapat diminimalkan, dan masyarakat dapat berkembang dengan baik. 

Kerukunan juga memberikan ruang bagi kerjasama dan gotong royong, yang merupakan pondasi dari kemajuan suatu masyarakat.

Sosialisasi pencegahan radikalisme sejak dini di gampong reuhat tuha aceh besar

Duta Damai Aceh melalui kordinator bidang Kerjasama dan kemitraan strategis sebagai penanggung jawab program tersebut mengatakan progam duta damai Saweu sikula akan menjadi program lanjutan Duta Damai Aceh, dimana para Duta Damai yang berada di seluruh Aceh dapat melaksanakan program ini di gampong-gampong terdekat mereka. Lewat program ini duta damai mulai memperkenalkan apa yang di maksud dengan Radikalisme serta bahaya Radikalisme dalam kehidupan bernegara dan beragama supaya kejadian yang pernah menimpa di Aceh pada tahun sebelumnya seperti basis latihan teroris, pengkalan teroris dilingkungan masyarakat bisa diminimalisir.

Saat ini Duta Damai Aceh BNPT RI Regional Aceh sudah memiliki kerjasama dengan  beberapa Gampong sebagai pilot project seperti Gampong Reuhat tuha Aceh Besar langsung binaan wakil kordinator Bidang IT & Blogger Duta Baihaqi dan Gampong Ateuk pahlawan kota Banda aceh Andy muarrif bersama ketua pemuda Gampong setempat. Dengan Adanya program-program seperti ini peran para pemuda dapat terealisasikan dan pemuda akan selalu terlibat dalam perubahan tatanan sosial, ekonomi dan lain sebagainya, terlebih lagi dalam memahami nilai-nilai kecintaan terhadap tanah air. mengingat gampong merupakan tempat yang rawan terhadap penyebaran ideologi yang berpotensi merusak stabilitas dan harmoni sosial. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah pencegahan radikalisme di gampong untuk menjaga keberlangsungan masyarakat gampong yang aman dan damai.



Laporan :

Firman Ilmi
Duta Damai BNPT RI Regional Aceh