DUTA DAMAI ACEH AJAK MASYARAKAT MERAJUT KEMBALI PERSATUAN PASCA PUTUSAN MAHKAMAH KONSTITUSI

Tanggal 22 April 2024 adalah sebuah tanggal yang dimana tanggal tersebut menjadi suatu momen peluit kedamaian dan perdamaian yang seharusnya dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia yaitu berupa pengumuman hasil pemilu tanggal 14 Februari 2024 yang dimana Mahkamah Konsitusi memutuskan bahwa Saudara Bapak Prabowo Subianto dan Mas Gibran Rakabuming Raka terpilih sebagai presiden dan wakil presden Indonesia 2024.

Dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara tidak terlepas adanya polemic dari berbagai sis termasuk salah satunya yaitu polemic di bidang politik yang dimulai dari akhir tahun 2023 sampai tahun 2024. Namuan mengingat kita semua adalah bangsa Indonesia adalah bangsa yang menganut konsep Bhineka Tunggal Ika yang bermakna “berbeda-beda tetapi tetap satu”.

Dan juga kita memiliki ideologi perdamaian dan kedamian yang terdapat dalam Sila ke-3 yaitu Persatuan Indonesia. Persatuan Indonesia ini bermakna bahwa kita appaun Segala jenis sukunya, agamanya, berbeda pandangan pilihan politik, namun ingatlah bahwa perdamaian dan kedamaian itu harus selalu diterapkan di Indoensia sehingga kita bias menjlani kehidupan di Indonesia sebagai warga negara yang baik dan tentram, dan tentu saja tugas perdamaian bukan hanya tugas masyarakat, akan tetapi tugas menjaga perdamaian dan kedamain yang dibawah naungan persatuan itu merupakan kewajiban bagi seluruh unsur pimpinan dan pejabat banga Indonesia sehingga tercptlah dua kombinasi yang sangat luar biasa antara rakyat dan pemerintah.

Firman ilmi selaku kordinator bidang penelitian penelitian dan pengembangan menyatakan bahwa pemilu 2024 ini mengalami perbedaan yang agak signifikan dengan pemilu 2019.

Saya merasakan bahwa ini adalah pesta namun bermakna kompetis yang luar biasa, sehingga mampu menciptakan momen pemilu ini menajdi lebih santun dan berwibawa walaupun dipenuhi dengan berbagai jenis unsur dinamika dan retorika pemilihan yang mungkin saja bias emnganggu kelncara pemilu ini, namun sekali lagi Indonesia telah membuktikan kepada seluruh dunia dunia bahwa Indonesia adalah negara cinta damai dan juga negara yang mampu mengawal Demokrasi ini. Ujarnya dibanda aceh. 02/05/2024

Duta Damai BNPT RI Regional Aceh berharap kepada seluruh masyarakat dan unsur pemerintah agar bisa menerima keputusan Mahkamah Konsitusi walaupun setiap keputusan itu pasti ada pro-kontra namun hal tersebut cukuplah menajdis sebuah sejarah yang akan kita ambil ibrah pengalaman, dan bahan evaluasi yang akan kita revisikan untuk pemilu kedepannya. 

Sekarang marilah sama-sama kita memfokuskan bagaimana kita berkombinasi dan bersinergi dengan presiden dan wakil presiden terpilih agar mampu membuat Indonesia Maju dan mewujudkan cita-cita masyarakat Indonesian yaitu Bonus Demografi Indonesia Emas 2045.

Penulis/Pewarta :
Radja Fadlul Arabi